Ayo Rajin Minum Susu Agar Sehat Sepanjang Hayat

12 Jun 2012

susuSusu, demikian pentingnya minuman yang satu ini untuk kesehatan hidup manusia terlebih untuk pertumbuhan anak maka banyak produsen susu baik dalam dan luar negeri yang malakukan inovasi dalam memproduksi susu untuk dikonsumsi manusia mulai dari bayi, anak kecil, remaja, dewasa, dan bahkan sampai lanjut usia.

Demikian familiarnya masyarakat dengan susu, namun masih banyak yang masih belum mengerti segala seluk beluk yang berkenaan dengan susu, mulai dari cara memilih susu yang tepat, kapan perlu mengkonsumsi susu, siapa saja yang harus minum susu, dan apa sebenarnya manfaat susu hingga manusia dianjurkan meminum susu secara rutin dan teratur. Dalam tulisan blog berikut ini akan dijelaskan secara singkat manfaat susu bagi kehidupan manusia mulai dari bayi hingga lanjut usia serta informasi tentang memilih susu yang aman, sehat, dan halal.

Peran Susu Dalam Perjalanan Hidup Manusia

“Selamat Bu, Anda dinyatakan positif hamil, Selamat Pak, Anda akan segera menjadi ayah”, Demikianlah kira-kira ucapan selamat paling membahagiakan bagi pasangan suami istri yang tengah mendambakan kehadiran bayi ditengah-tengah mereka. Begitu mendengar kabar kehamilan istri, biasanya suami yang bersikap sangat protektif bahkan melebihi sikap protektif istri. Suamipun mulai mencari di Internet dan membaca-baca tulisan dari berbagai blog dan website yang manulis referensi tentang tips-tips ibu hamil dan diceritakan kepada istri bahwa ibu hamil harus begini, harus begitu, tidak boleh ini, tidak boleh itu, dan seterusnya.

Susu Untuk Ibu Hamil

Gambar: tanyadokteranda.com

Kehamilan adalah bagian dari awal perjalanan hidup manusia dialam dunia. Proses demi proses dialami janin dalam kandungan hingga terbentuk manusia sempurna sebagaimana disebutkan dalam Al Quran : “… Dia menjadikan kamu dalam perut ibumu kejadian demi kejadian dalam tiga kegelapan. Yang (berbuat) demikian itu adalah Allah, Tuhan kamu, Tuhan yang mempunyai kerajaan. Tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) selain Dia; maka bagaimana kamu dapat dipalingkan?” (Al Qur’an, 39:6)

Untuk menunjang kesehatan ibu hamil dan janin dalam kandungan maka ibu hamil dianjurkan minum susu khusus untuk ibu hamil secara rutin dua gelas per hari.

Untuk bulan-bulan pertama, biasanya susu ibu hamil disertai formula untuk mengurangi rasa mual dan muntah yang dirasakan ibu hamil. Susu untuk ibu hamil biasanya mengandung asam folat, AA, dan DHA.

Asam folat untuk ibu hamil bisa mencegah anemia, menurunkan resiko terjadinya NTD (Neural Tube Deffects), dan sebagai antidepresan. Sedangkan untuk janin dalam kandungan, asam folat berfungsi untuk mengurangi resiko bayi lahir cacat seperti cacat otak dan sumsum tulang belakang, bibir sumbing, lahir dengan berat badan rendah, Downs Syndrome, bayi mengalami kelainan pembuluh darah, rusaknya endotel pipa yang melapisi pembuluh darah, dan menyebabkan lepasnya plasenta sebelum waktunya.

AA (Arachidonic Acid) atau Arakhidonat berperan dalam perkembangan otak. AA merupakan komponen penting dari sel otak dan juga berguna untuk membantu dalam pembekuan darah.

Manfaat DHA atau Asam Dokosa Heksaenoat selama kehamilan juga berperan besar terhadap perkembangan otak janin. DHA sangat berpengaruh terhadap sistem saraf pusat bayi. Dimasa kehamilan, ibu hamil dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan atau susu yang mengandung DHA agar bayi tumbuh normal.

Susu Untuk Ibu Menyusui

Gambar: mommygadget.com

Sembilan bulan masa kehamilan telah berlalu hingga tiba saatnya melahirkan bayi. Saat baru lahir, bayi seharusnya tidak diberikan dulu susu formula dan hanya diberi ASI (Air Susu Ibu). Pemberian ASI ekslusif sebaiknya dilakukan selama 2 tahun sebagaimana disebutkan dalam Al-Quran : Para ibu hendaklah menyusukan anak-anaknya selama dua tahun penuh, yaitu bagi yang ingin menyempurnakan penyusuan. Dan kewajiban ayah memberi makan dan pakaian kepada para ibu dengan cara maruf. Seseorang tidak dibebani melainkan menurut kadar kesanggupannya. Janganlah seorang ibu menderita kesengsaraan karena anaknya dan seorang ayah karena anaknya, dan warispun berkewajiban demikian. Apabila keduanya ingin menyapih (sebelum dua tahun) dengan kerelaan keduanya dan permusyawaratan, maka tidak ada dosa atas keduanya. Dan jika kamu ingin anakmu disusukan oleh orang lain, maka tidak ada dosa bagimu apabila kamu memberikan pembayaran menurut yang patut. Bertakwalah kamu kepada Allah dan ketahuilah bahwa Allah Maha Melihat apa yang kamu kerjakan. (Q.S Al Baqarah, 2:233)

Untuk memenuhi kebutuhan nutrisi saat menyusui maka ibu dianjurkan untuk meminum susu khusus untuk ibu menyusui. Susu untuk ibu menyusui biasanya mengandung protein, vitamin B, vitamin D, dan sebagai sumber kalsium terbaik. Kalsium sangat dibutuhkan untuk perkembangan tulang pada bayi. Dengan minum susu khusus ibu menyusui setidaknya dua atau tiga gelas per hari, maka ASI yang diproduksi ibu untuk dikonsumsi bayi tidak akan kekurangan gizi yang dibutuhkan bayi.

Susu Untuk Bayi dan Balita

Masa dua tahun pemberian ASI ekslusif ternyata tak bisa dijalani oleh semua ibu. Berbagai alasan dan kendala yang dihadapi ibu dalam pemberian ASI ekslusif akhirnya mengharuskan ibu untuk memberikan susu formula untuk bayi.

Gambar: susuanak.com

Dengan banyaknya produk dan inovasi susu formula untuk bayi, maka pemilihan susu formula untuk bayi harus tepat, jangan asal pilih, atau tergiur promosi dari produsen susu yang gencar mengiklankan produknya diberbagai media. Memilih susu formula yang baik antara lain susu harus sesuai usia dan mengikuti dosis yang dianjurkan. Perhatikan juga kebersihan botol susu, cara memberikan susu kepada bayi, dan yang tidak boleh dilupakan adalah berikan susu formula seperti layaknya memberi ASI yaitu bayi digendong, tetap jaga kontak mata dan kulit, dan sesekali ajak bayi bicara agar bayi tetap mendapatkan “nutrisi batin” yang juga diperlukan selain nutrisi lahir.

Kandungan susu formula untuk balita sebenarnya meniru kandungan ASI. Secara umum, susu formula bayi mengandung zat besi (untuk mencegah anemia) dan vitamin D (untuk mempromosikan pertumbuhan tulang). Beberapa susu formula juga dilengkapi dengan DHA dan ARA, yang ditemukan dalam ASI dan dapat membantu pertumbuhan otak bayi.

Susu Untuk Pertumbuhan Anak

Gambar: koranplus.com

Anak-anak masih dianjurkan untuk tetap minum susu. Manfaat minum susu untuk anak sangat jelas yaitu untuk menunjang pertumbuhan badan dan otak, menguatkan otot, tulang, dan gigi. Kandungan vitamin B12 yang ada dalam susu juga berguna dalam proses pembentukan darah. Selain itu, masih banyak manfaat susu untuk pekembangan anak.

Susu untuk anak-anak biasanya mengandung karbohidrat, protein, lemak, kalsium, zat besi, seng, kolin, dan vitamin. Zat-zat tersebut sangat diperlukan oleh anak-anak untuk perkembangan fisik dan mentalnya. Pada masa anak-anak, tubuh mengalami perubahan fisik yang ekstrim seperti tinggi badan meningkat dan pertumbuhan tulang dan otot yang drastis sehingga pada periode anak-anak membutuhkan nutrisi dan energi yang lebih banyak dari sebelumnya. Susu untuk anak-anak bisa dijadikan pilihan untuk memenuhi energi dan nutrisi tersebut.

Susu Untuk Orang Dewasa

Gambar: detik.com

Manfaat minum susu berlanjut kepada orang dewasa yaitu berguna dalam pencegahan penyakit. Osteoporosis (keropos tulang), kanker usus besar, resiko PMS (Penyakit Menular Seksual), migrain, serta kegemukan bisa dicegah dengan rutin minum susu. Pada wanita, susu juga membantu terapi kanker payudara. Sedangkan bagi pria, susu membantu sebagai pembentuk otot.

Banyak orang dewasa yang takut minum susu karena takut kegemukan terutama pada wanita. Sebenarnya hal ini keliru, kandungan kalori yang terdapat dalam susu dan dikonsumsi secara rutin dan proporsional tidak akan membuat gemuk.

Banyak sekali produsen susu yang melakukan inovasi untuk memproduksi susu khusus orang dewasa, baik susu khusus pria maupun susu khusus wanita. Kita tinggal pilih saja susu yang sesuai dengan kebutuhan tubuh.

Susu Untuk Lanjut Usia

lansia-minum-susuFase terakhir dalam kehidupan manusia adalah lanjut usia atau manula. Pada masa ini, masih tetap dianjurkan minum susu untuk menjaga kesehatan. Manfaat susu untuk lanjut usia biasanya berguna untuk mengurangi masalah pada persendian dan tulang yang biasa dialami orang lanjut usia. Selain itu, susu juga berguna melawan kepikunan, serta mempercepat penyembuhan luka dan penyakit.

Memilih Susu Yang Aman, Sehat, dan Halal

Selain aman dan sehat, susu yang dipilih harus terjamin halal sesuai dengan perintah Allah dalam Al-Quran: Maka makanlah yang halal lagi baik dari rezki yang telah diberikan Allah kepadamu; dan syukurilah ni`mat Allah jika kamu hanya kepada-Nya saja menyembah. (QS. Al-Nahl, 16:114).

Tips memilih susu yang aman, sehat, dan halal sebenarnya mudah dan sederhana sekali. Untuk merasakan manfaat susu, orang harus minum susu yang tepat dan sesuai dengan usia dan kondisinya. Jangan sampai salah pilih susu, karena yang seharusnya mendapat manfaat malah dapat sebaliknya. Susu untuk ibu hamil berbeda dengan susu untuk kesehatan pria. Susu untuk bayi tentu berbeda dengan susu untuk orang dewasa. Intinya, pemilihan susu bisa dibedakan menjadi dua jenis, susu berdasarkan usia dan susu berdasarkan kondisi. Susu berdasarkan usia misalnya susu untuk balita, susu untuk anak-anak, dan lain sebagainya. Sedangkan susu berdasarkan kondisi misalnya susu untuk ibu hamil, susu untuk ibu menyusui, susu untuk penderita penyakit tertentu, dan lain-lain.

Banyak sekali parameter pengujian yang harus dites untuk menilai susu aman atau tidak untuk dikonsumsi. Sebagai konsumen akhir, tentunya kita tidak akan melakukan pengujian satu persatu terhadapa susu yang akan kita minum. Susu yang aman untuk dikonsumsi sebenarnya bisa dilihat dari label yang tertera pada kemasan susu.
Apakah mencantumkan label badan POM atau tidak? Lihat juga masa kadaluarsanya, apakah masih bisa dikonsumsi atau sudah kadaluarsa. Hal sederhana tersebut mudah dilakukan namun kadang beberapa orang menyepelekannya.

Gambar: halalmui.org

Untuk mengetahui susu halal atau tidak, cukup lihat apakah terdapat label halal dari MUI atau tidak ada? LPPOM MUI senantiasa melakukan uji coba terhadap produk-produk yang beredar dipasaran untuk menentukan produk tersebut halal atau tidak. Penentuan halal haram suatu produk tidak hanya ditentukan dari bahan yang digunakan dalam proses produksi tetapi juga cara untuk mendapatkan bahan tersebut.

Terkadang, para produsen melakukan inovasi untuk membuat susu yang bernilai gizi tinggi tetapi malah membuat susu tersebut tidak halal. Salah satu contohnya penambahan vitamin pada susu, dan vitamin tersebut berasal dari hewan. Perlu diteliti hewan yang digunakan untuk vitamin pada susu tersebut, apakah termasuk hewan yang dihalalkan untuk dimakan atau tidak. Selain itu juga diteliti bagaimana cara menyembelih hewan tersebut, apakah sesuai syariah atau tidak. Hal-hal seperti ini sudah dilakukan oleh LPPOM MUI dan kita cukup memastikan pada kemasan susu yang dipilih terdapat label halal.
Demikianlah cara sederhana memilih susu yang aman, sehat, dan halal untuk dikonsumsi agar kita benar-benar mendapatkan manfaat dari minum susu secara rutin, teratur, dan tepat.
Dari sekian banyak manfaatsusu disepanjang perjalanan hidup manusia, maka tidak berlebihan rasanya bila artikel ini diberi judul “Ayo Rajin MinumSusu Agar Sehat Sepanjang Hayat”. Tetapi, jangan langsung terlalu berpositif thinking dulu bahwa hanya dengan minumsusu saja maka tubuh akan sehat. Untuk meraih kesehatan, banyak faktor yang harus diperhatikan mulai dari pola makan, olah raga, gaya hidup, dan lain sebagainya.Susu hanya sebagai pelengkap sebagaimana anjuran untuk makan makanan bergizi yaitu 4 sehat 5 sempurna.
Artikel ini diikutkan dalam lomba menulis artikel blog dengan tema “Susu Inovasi Yang Sehat dan Halal Untuk Pertumbuhan Anak”.

Sumber referensi artikel:

http://posyandu. org/memilih-susu-tepat-untuk-ibu-hamil.html
http://pondokibu. com/manfaat-asam-folat-bagi-ibu-hamil.html
http://www. ibudanbalita. com/pojokcerdas/aa-dan-dan-sel-otak
http://www. go4healthylife. com/articles/560/1/Inilah-Makanan-yang-Wajib-Dikonsumsi-Ibu-Menyusui/Page1.html
http://majalahkesehatan. com/6-tips-pemberian-susu-formula-pada-bayi/
http://sidomi. com/16512/manfaat-susu-dari-anak-anak-sampai-lanjut-usia/
http://www. frisianflag. com/id/tentang-susu/nilai-gizi/1310-anak-anak

http://food. detik. com/read/2012/06/11/120505/1937907/901/susu-olahan-bisa-juga-tidak-halal

Terjemahan Al-Quran Departemen Agama RI


TAGS Susu Inovasi Yang Sehat dan Halal Untuk Pertumbuhan Anak


-

Author

Follow Me